Bakti sosial untuk membantu sekolah lain yang dinilai layak menerimanya sudah menjadi agenda rutin SMA Cendana Duri sejak lama.
Sabtu (26/3) lalu, giliran SDN 02 Kecamatan Kandis Kabupaten Siak yang menjadi sasaran kepedulian.

Dana bantuan senilai Rp25 juta yang dihimpun siswa secara door to door di lingkungan CPI itu diserahkan untuk membangun tambahan WC di sekolah yang berlokasi di Pasar Minggu, Kandis tersebut.
Selain menyerahkan bantuan uang tunai, rombongan 40 orang siswa plus 10 guru pembimbing SMA Cendana Duri yang dipimpin langsung Kepala Sekolah Drs Raideni itu juga menyerahkan bantuan lain berupa meja dan kursi.

Bantuan kepedulian tersebut diharapkan mampu menambah sarana dan prasarana yang amat dibutuhkan di sekolah yang terletak hanya beberapa meter dari pinggir jalan lintas Duri-Pekanbaru itu.

‘’Pemberian bantuan untuk SDN 02 Kandis ini bertolak dari rasa terenyuh kita setelah mengetahui bahwa kondisi WC di sekolah itu amat memprihatinkan. Jumlah muridnya mencapai 960 orang. Sementara WC yang tersedia hanya tiga buah saja. Itupun kondisinya sudah tidak bagus lagi karena pintunya sudah pada copot,’’ ujar Wakil Kepala SMA Cendana Duri Bidang Kesiswaan, Drs Albohari pada Riau Pos, Ahad (27/3).

Selain untuk membangun tambahan empat unit WC baru, dana bantuan dari SMA Cendana Duri itu juga dimaksudkan untuk memperbaiki tiga unit WC yang sudah ada sebelumnya.
‘’Meski masih jauh dari memadai, diharapkan dengan adanya tujuh unit WC yang lebih memadai, kebutuhan kamar kecil untuk ratusan siswa SDN 02 itu nanti lebih baik kondisinya dari sekarang,’’ ujarnya.

Ditambahkan Albohari, bantuan meja dan kursi belajar untuk SDN 02 Kandis pun bertolak dari rasa prihatin yang sama. Pasalnya, cukup banyak meja dan kursi belajar yang sudah reot. Malah laporan yang sampai ke telinga Albohari menyebut, ada siswa yang terpaksa duduk berdua pada satu kursi yang sama. Itu semua lantaran terbatasnya jumlah meubler di sekolah itu.

‘’Inilah yang mengetuk pintu hati kita untuk turut membantu,’’ katanya lagi.
Usai menyerahkan bantuan di SDN 02 Kandis, rombongan SMA Cendana Duri melanjutkan perjalanan menuju Siak Sabtu sore. Ahad (27/3), rombongan siswa dan guru dari Kota Minyak Duri ini menggunakan kesempatan untuk mengunjungi sejumlah objek wisata sejarah seperti istana dan makam sultan, Balairung Sari dan lain sebagainya


sumber : riaupos.co.id